Sabtu, 03 November 2012

Awal mula belajar gitar

Bermain gitar adalah salah satu hal yang menyenangkan, bagi para pemusik. Saat bermain gitar kita dapat merasa nyaman dan terhibur. Gitar adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, yang umumnya menggunakan jari. Cukup banyak orang yang tertarik bermain gitar, karena sebenarnya bermain gitar tidaklah terlalu sukar. Sebab, jika seseorang mau belajar ia pasti bisa. Terdapat dua jenis gitar yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Dalam hal ini akan menjelaskan beberapa hal mengenai gitar akustik.
Untuk belajar bermain gitar ada hal-hal yang perlu kita ketahui terlebih dahulu, yaitu kita perlu mengetahui bagian-bagian tubuh dari gitar. Supaya kita dapat lebih mengenal gitar. Berikut gambar bagian-bagian gitar.


Pada gambar di atas menunjukan bagian-bagian dari gitar, mulai dari kepala, leher, hingga bagian tubuh. Setelah kita mengetahui bagian-bagian dari gitar, kita perlu mengetahui pula mengenai senar gitar. Gitar memiliki 6 senar, dimana tiap senarnya memiliki nada yang berbeda. Senar gitar diurutkan dari yang terbawah.


Urutan senar gitar:
  • senar 1 adalah E high
  • senar 2 adalah B
  • senar 3 adalah G
  • senar 4 adalah D
  • senar 5 adalah A
  • senar 6 adalah E low

Dari penjelasan di atas kita dapat mengetahui bagaimana cara belajar gitar dari awal sebagai pemula. Jika anda baru mencoba belajar gitar ini merupakan awal dari belajar gitar. Awalnya memang tidak mudah tetapi lama-kelamaan pasti bisa. Bagi anda para pemula semoga ini bisa menjadi pelajaran yang cukup menyenangkan.

1 komentar:

  1. Salam kenal...mohon izinkan saya berbagi link untuk yg ingin belajar gitar secara lengkap dalam berbagai tehnik dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dlm Bhs. Indonesia GRATIS di www.gitarzoom.blogspot.com
    trimakasih

    BalasHapus